Pages

Friday, October 13, 2017

Jarak Kelahiran Anak

Kaka sama aden bedanya 5 taun
Sengaja kasih jarak biar kakanya bisa ngemong adenya
Walo kenyataannya tetep aja mereka suka saling iseng
Aden terutama
Balita belum dua taun itu ampuuun isengnya ama kakanya
Kakanya main apa, digangguin
Kakanya makan apa, ikutan pdhl di tangan dia juga makanan yg sama
Kakanya beres2, dia acak2
Ya gitulah, untunglah kakanya udah paham walo kadang nangis juga 😅


Btw saya juga sama ade beda 8 taun, cm karena mgkn sama2 perempuan dan jarak lebih jauh, ga pernah iseng gitu

Well yg mau saya share skrg,
Seberapa penting menjaga jarak kelahiran anak saat ini

Saya ngga mau menjudge yang anaknya lahir deket2an itu ga baik ya, saya cuma share menurut info dan pengalaman, lagipula keputusan hamil dan melahirkan itu tergantung keluarga masing kan, so no hurt feeling ya bu ibu 😊

Banyak juga teman yang memutuskan segera memiliki anak kedua dst karena ingin anak sebelumnya memiliki teman dan supaya rumah lebih ramai, ada lagi yang pengen sebelum usia sekian dia udah punya anak sekian, atau yang paling sering saya dengar "mumpung masih muda" atau "sekalian capenya", gpp itu sah2 aja, asal sama pasangan yg sah yah #eh 😜

Menjaga jarak kelahiran anak buat saya penting karena beberapa hal, antara lain :

1. Pemulihan rahim ibu
Menurut yang saya tau, rahim ibu butuh pemulihan 1-2 tahun setelah melahirkan, baik yg melahirkan pervaginam ataupun sc, kenapa?
Krn rahim yang masih belum pulih benar akibat persalinan sebelumnya belum bisa memaksimalkan pembentukan cadangan makanan bagi janin dan untuk ibu sendiri. Resikonya bisa berdampak pada si ibu dan calon bayi. Selanjutnya bisa googling ya..

2. Memaksimalkan asupan asi
Yup, asi itu busa sampai dua tahunan bahkan lebih, kalo ibu sudah hamil lagi, kemungkinan nursing tandem atau berhenti menyusui si kaka
Kebanyakan tmn2 saya memilih berhenti menyusui
Tapi saya baca banyak juga yg berhasil, mgkn yg sedang mengalami ini bisa baca2 atau konsultasi ke aimi ya..

3. Kondisi si sulung
Balita pada tahun2 pertamanya cenderung egois dan berharap semua perhatian tertuju padanya, itu yg saya observasi dan hasil baca2 juga, sama kepentingan "golden age" dia kl buat saya mah penting..
Dengan adanya calon ade, tentunya ibu harus membagi perhatiannya, mungkin banyak ibu yg bisa dan berhasil, kalau saya sendiri, ga bisa 😅

4. Hubungan antar anak
Ini yang saya bahas di awal, kalau saya pengen kaka lebih ngemong ke adenya, adenya juga bisa "belajar" banyak sama kakanya, dan mereka happy pada fasenya masing2
Tapiii, ada juga temen saya yang anak2nya cuma beda setaun akur dan happy, coba nanti saya tanya rahasianya apa ya 😊

5. Persiapan masa depan anak
Istilah saya mah biar bisa "ngarenghap"
Biaya sekolah dll biar ga terlalu berdekatan, ga terlalu berat
Ya memang anak itu bawa rejeki masing2, tapi saat sekarang, perhitungan masa depan itu menurut saya mah penting, buat saya dan suami yg sama2 merintis ekonomi dr bawah bareng hehehe

6. Pengasuh
Naah, kalo ini mah buat ibu yg bekerja di luar rumah kayak saya hehe
Kalo bisa bayar nanny per anak gpp silakan aja, kalo saya belum sanggup
Kalo dipaksakan satu nanny pegang bayi dan balita tahun pertama, hmm..rasanya kasian, kasian ke anak2nya, kasian ke nanny nya juga..
Keduanya masih butuh perlakuan khusus..

7. Kesiapan emosional ibu/ayah
Pernah ga ngerasa, duh kaka kasian, aq pegang adenya terus atau duh ade kasian, kaka lagi perlu aq banget?
Nah kurleb begitulah..
Apalagi kalau satunya bayi dan balita tahun pertama?Yap, saya salut buat temen2 yg bisa handle ini, share di mari tipsnya ya 😊

Apalagi yaa..
Hmm, yang mau nambahin silakan komen ya, yang ga setuju juga monggo, feel free to share ya..
But sekali lagi, no hurt feeling, semua keluarga punya keputusan dan plan masing2, ya kaaaan...

Happy Friday all ❤
Yeaaay besok weekend!!
(Aah suami saya mah dinas #curcol😅)

Krl Bogor-Jakarta
13 Oktober 2017

Mamihkai

#sharingnyamamihkai
#babybirth
#jarakkelahirananak
#babytotoddller

No comments:

Post a Comment