Pages

Wednesday, October 11, 2017

Rumah Berantakan??

Siapa yang ga suka liat rumahnya rapi kinclong wangi sepanjang hari?
Saya suka, suka banget
Bahkan kl mulai berantakan saya sedikit kesal, pengennya barang2 itu tetep di posisinya aja, ga kemana-mana

Punya anak kecil tentu ga mudah,
Belum dirapiin disana, udah narik yang ini, belum selesai main ini, keluarin mainan yg itu..
Aah, sampe kepikir apa mainannya saya jual aja semua?hahaaha..

Belum lagi kalo main di luar trus masuk dengan semua kekotoran yg dia bawa, eewww...gemesss, apalagi kl baru ngepel, hadeuuh rasanya sia2 😜

Belum lagi kalo semua pekerjaan rumah dia mau ikutan pegang, waah bukannya beres malah tambah kerjaan, hehe




Tapi perlahan saya coba ubah mindset saya, belajar parenting dr berbagai sumber bikin saya paham, masa2 seperti ini ngga akan lama, dinikmati saja, suatu saat malah akan kangen yang begini..
Bener, temen2 saya yg sudah lebih dulu punya balita dan mereka sudah besar sekarang mulai merindukan itu, percaya deh πŸ˜†

Begitupun kalo mereka pengen bantu2, biarkan saja, perhatikan dan bimbing aja, kalo cuci piring nanti sabun dan airnya kemana2, piring2nya licin dan mgkn malah pecah berserakan ya ikhlaskan..namanya juga mereka masih belajar..
kalo nyapu ternyata malah nambah kotor kemana2, yasudah ikhlaskan, nanti ada saatnya mereka tau cara nyapu yg benar
Intinya mengajarkan, bukan membantu full dulu, namanya juga anak kecilπŸ»πŸ‘ΆπŸ»πŸ‘§

Dari situ saya mulai berubah, 
mulai santai liat rumah berantakan,

mulai ga ngomel liat mereka mandi hujan trus berceceran kmn2 airnya,

mulai ikut happy liat mereka makan sendiri pdhl sblmnya yg dipikir "aduh, makan sendiri pasti ada ceceran nasi"

mulai ga heboh liat mereka bereksperimen, misalnya mengambil tepung dan mencampurnya dgn sirup lalu melukis di atas lantai, mengambil melati dan menyebarnya di seantero rumah (pikirnya mungkin rmh jd wangi ya hahaha), mengambil pinsil dan mencoret tembok (dulu saya say no banget, tapi mereka paham saat saya berikan satu tembok free to draw), dan hal2 lainnya, 

Ga bohong saya masih kadang kesel kl omongan saya ga diturutin, tapi ga jadi pusing dan bikin mereka uncomfort dilarang ini itu, membiarkan juga kan saya harus tetep bimbing mereka 😊

Sampai saat ini saya masih belajar soal ini, gmn cara kasih tau yang baik, dan guru terbaik saya selain ortu dan suami, adalah PENGALAMAN 

Ternyata,
Keikhlasan itu ada hasilnya jg, lama2 mereka akan terlatih menyimpan mainannya sendiri, makan dengan benar, membantu dgn benar, waaah ini toh pikir saya hasil yg dibilang itu

Mungkin ga semua mommies kayak saya, mungkin ada yg dr awal udh paham "ilmu parenting" yang satu ini, tapi buat yg belum paham spt saya dulu, yuk dicoba bangun "keikhlasan" itu, InsyaAllah hasilnya akan baik..paling terasa batin juga tenang, ga pusing liat tingkah laku anak yg kadang "ajaib" 😊

"anak adalah makhluk hidup yg bebas bergerak, kalau mau hanya diam, belilah sebuah boneka"

Selamat pagi semua, hav a nice day 😘

Krl Bogor- Jakarta
11 Oktober 2017

Mamihkai

#sharingnyamamihkai
#parenting
#belajarjadiibu

No comments:

Post a Comment