Pages

Tuesday, October 10, 2017

CPNS

Hari ini tes cpns ya..

Jadi inget 8 taun lalu..
Mekanismenya beda ama skrg yg serba online, dulu masih pake paper, kl lolos bisa wawancara..

Tes cpns saya pernah coba yg di cirebon sekali, dan gagal..
Lalu coba cpns di kementerian sekali, dan alhamdulillah lolos..
Jadilah saya sekarang disini 😊



Jauh sebelum saya mencoba ikut cpns, saya ikut tes kerja sana sini, bahkan begitu lulus dan baru ngantongin surat keterangan lulus saya udah kirim2 lamaran..

Satu dua lolos tahap verifikasi
Dua tiga lolos tahap wawancara
Tiga empat lolos performance/kesehatan
Tapi rejeki belum di pihak saya
Dua bulan setelah lulus saya masih jomblo #eh masih jobless (ntar ada yg ngambek saya blg msh jomblo 😜)
Saya mulai lelah
Alm papah nyuruh saya pulang ke Cirebon, dari dulu papah emang ga pengen anaknya kerja di Jakarta, mgkn karena waktu itu saya belum bersuami, jadi kekhawatiran beliau banyak

Suatu malam (noveeel bgt hihi),
saya buka email (jangan terpikir buka email segampang sekarang ya, dulu saya harus ke warnet), ternyata ada inbox dari sebuah perusahaan perikanan di Cirebon, menawarkan pekerjaan sbg supervisor, saya bingung, saya ga pernah kirim lamaran kesana, atau mungkin perusahaan tsb dapet data dari kampus saya, sampe skrg saya ga paham

Pertama seneng, kedua masih seneng, ketiga bingung, mau stay di Cirebon, artinya saya mau berjauhan sama kangmas hehe..tapi, setelah pikir2 dan diskusi sama kangmas, akhirnya saya memutuskan mencoba..terus saya LDR donk?iyaa..dan itu banyak ceritanya juga, tapi jangan dibahas disini deh 😜

Jadilah saya pulang (mamah im home),
Dateng ke perusahaan tersebut, ketemu manajernya yang sangat baik (dimention ga ya orangnya hehe), alhamdulillah saya langsung bisa kerja, besoknya!!
Kata beliau sebenernya email itu udah kadaluarsa (dan saya ga cek tgl email, keburu excited), tapi krn masih butuh beliau tetap menerima, alhamdulillah 😊

Jadilah saya bekerja dsana, ritme kerja di pabrik (yes ini pabrik crab can) yang ga menentu, kdg siang plg, kdg lembur ampe malem, sempet bikin lelah, terpikir buat mencari yang lain, tapi saya bukan tipe yang mudah berpaling sih jadi walo tawaran lain dateng lagi, saya enggan. Dibetah2in aja dsana, prinsip saya banyakin ambil ilmunya, ambil pelajaran hidupnya, sampai saya dapat pns saya ga mau keluar dari sana

*bbrp tawaran datang sisa saya melamar membabibuta awal2 lulus sepertinya (eh ngmg2 kenapa membabibuta, emg babi buta kenapa?kasian ya #seriusnanya)

Kenapa pns?
Simple, karena saya mau spt papah 😊
Dulu bayangan saya pns ya kayak papah, di Cirebon, pake seragam ijo tua, pagi brgkt bisa anter anak, pulang bisa jemput anak, kadang siang bisa makan bareng...
Faktanya skrg pns nya bedaa banget, tapi tetep bersyukur 🙏

Jadii, saya ga tipe yg loncat2 perusahaan, berusaha mensyukuri apa yg didapat saat itu, krn pd saat yg sama banyak tmn2 saya bahkan menganggur lebih dari saya

Dan ternyata, menurut saya, kesetiaan saya sama satu pekerjaan itu, bikin satu poin plus saat saya wawancara cpns kementerian disamping saya yang sotoy menjawab "i'll try with english please" saat ditanya "anda mau menjawabnya dengan bahasa apa english" sama pewawancara 😜

Buat ade2, teman2, yang masih mencoba berjuang di tes cpns, selamat berjuang, yakin aja jika ini yang terbaik pasti jadi milikmu. Beberapa tips dari saya 👇

1. Minta doa orangtua
2. Datanglah 30 menit lebih pagi
3. Muslim baiknya sholat dhuha dulu
4. Bekel minum
5. Malamnya tidur cukup
6. Sampai tempat, ga usah menghapal
7.Percaya diri, yakin sama usahamu
8. Yakin sama ketentuan Allah

Try ur best, and Allah SWT will do the rest 😊🙏

Note :
Menjadi PNS bukan satu2nya tujuan hidup, bekerja di tempat lain, bekerja di rumah, ataupun tidak bekerja adalah gift yang Allah sudah tentukan melalui usahamu juga, bersyukurlah selalu ❤🤗

Krl Bogor-Jakarta
10 Oktober 2017

Mamihkai

#sharingnamamihkai
#tescpns
#bekerjadenganhati

No comments:

Post a Comment