Pages

Monday, October 9, 2017

Masakan Harian

Moms,
Siapa yg ngalamin sama kayak saya?
Setiap hari mikir mau masak apa?



Saya sbnrnya tipe terperinci, jd dulu tiap minggu saya bikin jadwal seminggu mau masak apa aja, terlebih dulu asisten saya ga bisa masak, jd lah saya masak jam 4-5 pagian (sebelum kantor mewajibkan masuk jam 7 nih)

Belanja perminggu, lauk2 terutama, kl sayur seringnya pas plg kantor belanjanya

Kalo sekarang?
Ga bisa bikin jadwal mingguan, krn gadis kecil saya udah bisa nentuin menu kesukaan dan moody banget 😊

Kadang bisa ayam goreng terus berhari2
Kadang bisa pepes tahu ampe bosen
Kadang sehari rolade, besok bihun kecap

Nah tugas saya mikirin menu lain yg jadi pendampingnya, supaya anggota lain yg ikut makan ga bosen ama menu, terutama karena suami tercinta lebih suka bekel makan dari rumah

Tugas masak skrg bisa didelegasikan, krn alhamdulillah asisten skrg jago masaknya, cm tetep kl ada request "harus mamih" yang bikin, turun dapur juga subuh2, malem2, ya tergantung request, apalagi kiddos lg seneng2nya makan, kdg abis makan malem msh aja minta dibuatin ini itu, ah biarlah mereka msh dlm pertumbuhan, emaknya yg harus nahan diri ga ikut2an 😜

Apa aja sih yg harus selalu ada di dapur?
Kalo saya list mah antara lain ini ya 👇
Gula
Garam
Minyak
Terigu
Telor
Mentega
Susu kental manis
Kecap
Saos sambal
Saos tomat
Bawang merah
Bawang putih
Bawang bombay
Daun bawang
Jahe, lengkuas dkk
Petis madura (ini mah request suami)
Beras (ini wajib bgt ini mah,, kata mamah tempat beras ga boleh sampe kosong, pamali hihi)

Itu yg urgent sih kl menurut saya, owya frozen food jg perlu ada stok terus sih di kulkas, nugget, sosis, breaded shrimp dll (kalo ini bisa pesan di saya yah, ahahaha tetep jualan 😜)

Yah pokonya gitu deh, saya mah tipe standar emak2 bgt, liat dapur things lengkap aja udh bahagia 😜

Owya balik lagi ke menu masakan, apa aja sih yg sering dieksekusi mommies kl sehari2?
Koq rasanya jenis makanan itu2 aja ya, walo divariasiin tiap hari, kl dikumpulin jenisnya ya sami sareng wae
Coba aq list ya 👇
Ayam goreng/kecap/balado/pepes
Rolade semur/balado
Tongkol rica/balado/tumis/telor
Ikan goreng/balado/pesmol
Daging gepuk/semur
Telor dadar/ceplok/semur/balado/kecap
Tempe tahu semur/goreng/kecap/pepes
Sop ayam/daging/sosis/bakso
Sayur asem kacang merah/jagung
Sayur lodeh
Sayur bayam
Sayur oyong
Capcay
Karedok
Pecel
Tumis kcg pjg/buncis/cesin/labu/kangkung/wortel/etc
Gulai nangka/kerecek/ayam/tahu/tempe
Soto ayam/daging
Bihun/mie goreng
Perkedel tahu/kentang
Bakwan/mendoan/tahu isi

Apalagi ya, keknya yg sering dibuat itu sih, kalo mommies apa lagi?boleh share di kolom komen yaa..kali saya lupa atau buat nambah wawasan menu 😊

Ya gitu deh,
Walo status kita berbeda, ada yg bekerja ada yg ngga, tetep weh ibu2 mah mikirin menu ya, bahkan kalo isi pikiran ibu2 dibedah dan dibuat list, keknya bakalan lebih panjang dan detail dibanding bapak2 hihihi

Bayangin aja, mikirin menu, kerjaan rmh tangga, kerjaan kantor, kondisi anak, bekel anak, parenting, shopping #eh, belum lagi yg nyambi jualan, ngitung stok dll..

Makanya kalo ga sempet perawatan mah wajar ya, hahaaa #pembelaan

But were proud to be women, agree? 😊

Krl bogor-jakarta
9 Oktober 2017

Mamihkai

#sharenyamamihkai
#menumasakanharian
#momsthings
#womenthings

No comments:

Post a Comment